Cara Mengobati Diare dengan bahan alami tanpa repot

Cara Mengobati Diare dengan bahan alami Tanpa repot 
 diare merupakan salah satu penyakit yang sering di alami oleh masyarakat. Di Indonesia tercatat bahwa diare merupakan penyakit yang paling sering di alami ke 8 oleh rakyat Indonesia dan itu juga banyak yang sampai menuju kematian. Maka dari itu apabila kamu atau orang terdekatmu mengalami diare jangan sampai di abaikan saja tapi harus benar - benar di obati sebelum semuanya terlambat dan tidak akan bisa diperbaiki.

Apa Sih Diare Itu..? 

Apa sih diare itu? Menurut WHO (World Health Organization). buang air Besar dengan komsisten cair (mencret) sebanyak 3 kali atau lebih dalam satu hari (24 Jam). Sedangkan dalam situs Wikipedia Diare adalah sebuah penyakit di saat tinja atau feses berubah menjadi lembek atau cair yang biasanya terjadi paling sedikit 3 kali dalam 24 jam.

Ada dua kriteria penting yang perlu di perhatikan yaitu Bab Cair dan Sering. Jadi jika kamu buang air besar sebanyak 3 kali sehari tapi tidak cair, maka itulah yang disebut diare. dan apabila buang air besar dengan tinja cair tapi tidak sampai tiga kali dalam sehari, maka itu bukan penyakit diare. di beberapa negara, diare merupakan salah satu mesin pembunuh untuk anak-anak dan balita. maka dari itu marilah kita coba perhatikan kesehatan kita.

Penyebab Diare

diare merupakan penyakit yang cukup berbahaya, pada beberapa kasus sebesar 3,5 persen penyakit diare di indonesia menduduki peringkat ke 13 penyebab kematian di semua umur. diare merupakan salah satu masalah kesehatan yang tidak bisa diabaikan. kebanyakan yang terserang diare yaitu anak - anak dan balita. diare disebabkan karena makanan dan minuman  kurang higenis dan kurang sehaat. makanan dan minuman yang di konsumsi oleh masyarakat telah terkontaminasi bakteri yang tidak baik dan virus - virus yang menganggu kesehatan sehingga seseorang yang mengkonsumsi makanan dan minuman itu mengalami inveksi pada lambung. selain dari beberapa hal itu diare juga disebabkan karena efek daro konsumsis obat - obat tertentu yamg mengakibatkan terjadinya diare.

Cara Mencegah Diare

Pada dasarnya, untuk mencegah diare itu berasal dari kedisiplinan seseorang dalam menjaga kebersihan makanan dan minuman. proses mengolah makanan dan minuman harus sangat diprhatikan bai itu dari cara nenasak maupun pada saat penyajian dan penyimpanan makanan itu sudah sesusai dengan baik atau belum. karena kunci utama untuk seseorang agar terhindar dari penyakit adalah melalului kedisiplinan dan kesadarn masing - masing. Berdasarkan sumber terpercaya www.alodokter.com ada beberapa langkah untuk pencegahan diare yang oertama adalah pencegahan diare akibat kontaminasi.

  • Mencuci tangan dengan sabun dan air hangat seperti sebelum makan
  • Jagalah kebersiha kuku
  • Jauhi makanan dan minuman yang kebersihanya diragukan
  • Jangan minum air keran
  • Menjaga kebersihan dapur dan kamar mandi
  • Memisahkan makanan mentah dan matang
  • Buang makanan yang sudah kadaluarsa
  • dll
 sedangkan untuk mmencegah penyebaran diare kepada orang-orang di sekitarnya kamu bisa melakukan langkah - langkah sebagai berikut.

  • Selalu bersihkan toilet
  • Cuci tangan sebelum makan atau menyiapkan makanan
  • Jangan terlalu cepat beraktifitas setelah diarae terahir
  • Jika tinggal serumah maka usahakanlah untuk hindari penggunaan pakaina atau peralatan lainya secara bergantian
  • Hindari untuk tidak berenan di kolam renang selama seminggu
  • dll

Cara Mengobati Diare
Diare sangatlah mengganggu kenyamanan, apalagi pada saat aktivitas lagi padat2nya. Di badan akan sangat terasa tidak nyaman dan rasanya sangat lemas juga lunglai dan tak berdaya, maka harus segera di obati maka di sini akan kami berikan cara mengobati diare tanpa obat dokter.

»» Perbanyak Minum Air Putih
Sebaiknya kamu minum banyak air putih dan hindari dulu untuk minum kopi, sebaiknya tingkatkan untuk minum air putih setidaknya setiap 3 jam sekali minum 1 gelas. Jika diare yang kamu alami sangat parah atau berlebihan maka tingkatkan lagi intensitas minum air putihmu, bisa menjadi 2 jam sekali satu gelas. 
Akan tetapi jika kamu memiliki penyakit lain yang di situ dilarang untuk banyak minum air putih maka konsultasi dengan dokter seperti apa baiknya. Karena memang beberapa penyakit akan bertambah parah jika terlalu banyak minum air putih.

»» Minum Jus
Jika diatas di jelaskan untuk perbanyak minum air putih maka di sini kamu di anjurkan untuk minum jus buah yang memiliki banyak serat seperti buah salak, dan buah - buahan lainya yang memiliki serat tinggi. Selain itu kamu juga bisa minum jus wortel, dengan cara minum jus 2 kali sehari setiap pagi dan sore. Untuk itu maka kamu harus siap sedia buah2an yang berserat tinggi. Tapi apabila kesulitan bisa membeli di toko - toko terdekat atay jika perlu bisa menanam sendiri. Bisa menanam singkong dan lainya yang berserat tinggi.

»» Makan Buah
Makanlah buah yang tinggi akan kandungan serat, seperti salak juga dan beberapa buah lainya. Ini akan menahan diaremu, selain salak juga bisa kamu lakukan untuk makan buah jambu biji karena mengandung banyak sekali serat tapi juga bisa kamu lakukan dengan bentuk lain yaitu di jus seperti yang di jelaskan diatas. 

»» Hindari Makanan tertentu
Karena lambungmu bisa mengolah makanan dengan baik, sebaiknya kamu menghindari makanan dan produk - produk seperti olahan susu, makanan yang berlemak tinggi, atau makanan dengan banyak bumbu.
Selain itu kamu juga harus menghindari makanan yang berbahan kasar yang sangat sulit untuk dicerna. Tidak lupa juga untuk menghindari makanan yang pedas sangat. Makanan laim yang mengandung banyak sekali bahan kimia juga sangat perlu di hindari seperti mie instan, permen karet, dsb.

»» istirahat
Pada saat kamu terserang diare sebaiknya kamu harus memperbanyak istirahat jangan beraktifitas terlalu berat. Jangan gunakan tubuh untuk mengangkan barang berat dan aktifitas berat lainya. Tidur yang cukup, jika sulit untuk tidur usahakan untuk diam dan berbaring.  Jangan biarkan fikiranmu setres yang nanti akan berdampak tidak baik bahkan bisa memperparah diaremu.

0 komentar: