Seperti Apa Manfaat Jahe Bagi Kesehatan Tubuh, ini infonya


Apa manfaat jahe untuk kesehatan manusia? Ini penjelasanya
Jahe ( Zingiber officinale ), adalah tanaman rimpang yang sangat terkenal dan populer sebaga rempah-rempah. Baik di buat wedang untuk penghangat tubuh, untuk campuran bahan makanan, bahkan juga untuk kecantikan. Rimpangnya berbentuk jemari yang mengembung di ruas-ruas tengah dan rasa dominan pedas disebabkan senyawa keton bernama zingeron. Jahe termasuk dalam keluarga temu-temuan ( Zingiberaceae ).
Dalam sejarahnya, jahe berasal dari Asia selatan dan dibawa sebagai rempah-rempah perdagangan hingga Asia Tenggara kemudian pada zaman kolonialisme, jahe yang bisa memberikan rasa hangat menjadi komoditas populer di daratan Eropa. Jahe memiliki nama di masing-masing daerah di indonesia yaitu Halia (Aceh) jae (Jawa) jhai (Madura). Karena memang sudah tidak diragukan lagi apa manfaat jahe untuk kesehatan maka di masing-masing daerah tersebut mengembangkan berbagai olahan jahe.

CIRI-CIRI

tanaman herbal jahe berdiri tegak  dapat berumur lebih dari 1 tahun, tinggi mencapai 0,4-1m, batangnya semu tersusun dari helaian daun, daunya pipih memanjang berbentuk langsing dengan ujung berbentuk lancip, bunganya berbentuk kerucut, warna kelopak putih kekuningan, akarnya berbentuk rimpang dan berbau harum prdas. Menyukai tanah yang lembap dan cukup mendapat sinar matahari. Sudah tau kan seperti apa manfaat jahe untuk kehidupan.

KANDUNGAN JAHE

Apa saja sih kandungan jahe kok memiliki banyak sekali manfaat? Berikut kandungan yang ada pada jahe. Minyak asiri yang terdiri atasn-nonylaldehide, d-comphene, methyl heptenone, cineol, geraniol, linalool, acetates, citral, chavicol, resin, tepung kanji dan serat.

7 KHASIAT JAHE UNTUK KESEHATAN

#1 Mengobati Rematik

Penyakit rematik menjadi momok utama untuk orang dewasa, sehingga jika dibiarkan saja akan berakibat fatal. Maka sekarang saatnya membuktikan seperti apa manfaat jahe untuk penyakit yang satu ini
- siapkan 2 rimpang jahe
- panaskan rimpang jahe tersebut diatas bara api
- tumbuklah rimpang jahe yang sudah di panasi
- tempelkan tumbukan pada bagian tubuh yang sait rematik
- lakukan metode ini setiap rematik kambuh

#2 Mengobati Luka Gigitan Ular

Ternyata jahe juga bisa mengobati luka karena gigitan ular, tidak hanya itu tetapi juha bisa mengobati luka lain seperti luka karena lecet, tikaman benda tajam dan terkena duri. Caranya sangatlah mudah yaitu
- siapkan 1 rimpang jahe
- tumbuk rimpang jahe
- tambahkan sedikit garam
- letakan pada bagian tubuh yang terluka
Mudah saja kan, sudah tau seperti apa manfaat jahe kan?
 baca juga

#4 Mengobati Penyakit Eksim

Jahe juga bisa digunakan untuk mengobati penyakit eksim, karena terkadang sulit untuk mendapatkan obat eksim dan tergantung kecocokan kulitnya. untuk mengobati penyakit eksim bisa dicoba dengan metode berikut
- siapkan 1 rimpang jahe
- bersihkan menggunakan air
- parut dan peras rimpang jahe
- ambil air jahe hasil perasan
- parutlah lobak
- campur dengan air jahe
- oleskan ke bagian yang terkena penyakit eksim
- lakukan setiap malam hari pada saat mau tidur

#5 Menjaga Kondisi Jantung

Sperti apa manfaat jahe untuk jantung, Jika tubuh menyimpan banyak kolestrol dan minyak yang merupakan susunan dari lemak nabati dan hewani dapat menurunkan resio terkena penyakit jantung.

#6 Mengatasi Mabuk Saat Perjalanan

Dengan minum wedang jahe hangat pada saat sebelum perjalanan maka akan menghangatkan tubuh karena sifat jahe untuk mengobati muala atau anti mual.

#7 Khasiat Lain

Jahe yang digunakan sebagai bumbu masak juga mampu berkhasiat untuk menambah nafsu makan, memperkuat lambung, dan memperbaiki pencernaan. Sangat baik untuk para penderita penyakit lambung dan Sudah tidak diragukan lagi seperti apa manfaat jahe ini. tunggu apa lagi, silahkan di coba dirumah.

3 MANFAAT JAHE UNTUK KECANTIKAN

Jahe ternya juga memiliki manfaat dan peranan penting untuk kesehatan kulit, tidak hanya untuk kesehatan tubuh. Sudah pernahkah kamu membuktikan seperti apa manfaat jahe untuk kecantikan? Jika belum simak saja ulasan yang ada di bawah ini

#1 Melindungi Kulit Dari Penuan Dini

Jahe mengandung banyak antioksidan yang bisa meningkatkan sirkulasi darah dan mengurangi racun dalam tubuh. Antioksidan memiliki peranan penting dalam melawan radikal bebas yang akan menyebabkan wajah cepat berkeriput .

#2 Menghaluskan Kulit Wajah

Didalam jahe terdapat banyak sekali zat baik untuk memberikan kesehatan pada kulit dan terutama kulit wajah. Kamu bisa menggunakan jahe sebagai campuran untuk luluran ataupun campuran pada masker

JENIS PENGOLAHAN JAHE

Terdapat beberapa hasil pengolahan yang ada di pasaran baik di toko-toko sembako dan di warung pinggir jalan ataupun di pasar tradisional karena memang jahe termasuk dalam rempah-rempah pilihan dan menjadi komoditas ekspor.
#Jahe Kering, Jahe kering merupakan jahe yang dikeringkan dengan irisan memotong serta mengiris tipis. Jenis ini sangatlah populer dan paling banyak dijual di pasar tradisional, bisa didapat dengan variasi harga dimasing-masing daerah dan masing-masing pasar.
#Awetan Jahe, merupakan hasil pengolah tradisional dari jahe segar, dan yang paling sering di buat untuk produk konsmusi seperti permen jahe, wedang jahe instan, sirup jahe. Dan yang paling populer adalah permen jahe untuk semua kalangan baik itu anak-anak maupun orang dewasa.
#Bubuk Jahe, bubuk jahe merupakan hasil pengolahan dengan menggunakan peralatan canggih teknologi industri dengan cara jahe dikeringkan dan digiling dengan kehalusan tertentu. Biasanya jahe bubuk digunakan untuk keperluan farmasi, jamu dan lain sebagainya.