ini 9 CARA MUDAH UNTUK MELATIH MENTAL BERBICARA DI DEPAN UMUM



 9 CARA ampuh DAN terbukti MUDAH UNTUK meningkatkan MENTAL BERBICARA
"Ini 9 Cara mudah untuk melatih mental berbicara di depan umum"
Bagi anda yang sulit berinteraksi khususnya mka akan kesulitan untuk berbicara di depan khalayak ramai. Maka interaksi itu sangatlah penting karena manusia merupakan mahluk sosial yang membutuhkan satu sama lain dan saling berkaita. Bagi orang-orang yang tidak pernah berbicara di depan umum pastinya akan kesulitan dalam berbicara, apalagi secara tiba-tiba di tunjuk dan harus berbicara di depan umum. Bagaikan hujan tanpa mendung dan tidak ada persiapan apapun untuk menyampaikan apa yang akan di sampaikan. Bisa berbicara di depan umum sangatlah penting, terutama dalam hal penyampaian pendapat di masyarakat. Dalam kehidupan bermasyarakat, pastinya akan mendapatkan banyak hal-hal baru yang tidak terduga sama sekali, contoh pidato pada saat ada musyawarah Rt ataupun Rw kita secara tidak sengaja terpilih sebagai pemimmpin rapat ataupun kita secara sepihak di tunjuk teman-teman di sekolah untuk menjadi perwakilan kelas sebagai pembicara ataupun menyampaikan aspirasi kepada kelas lain di dalam pertemuan satu sekolah. Disini akan terjadi banyak sekali tekanan, perbedaan pendapat (pada saat tanya jawab), dan masih banyak hal-hal lain yang akan dihadapi kita harus mempersiapkan diri supaya kita bisa berbicara di depan umumm dan khususnya dalam penyampaian pendapat dan pidato. Maka dari itu kita mempersiapkan dan melatih mental kita agar tidak canggung dan kesulitan untuk berbicara. Lebih baik kita latih diri kita mulai dari sekarang dan jangan menunggu lama lagi karena kita tidak akan tahu hal apa yang akan kita hadapi . untuk melatih mental anda supaya bisa berbicara di depan umum khususnya PIDATO, akan kami berikan tpis dan langkah-langkah latihanya sebagai berikut.

#1 MENDENGARKAN ( inspirasi )

Sebelum berbicara di depan umum, hendaknya harus melatih dan mempelajari gaya bicara dan klimat-kalimat dari para pembicara yang lebih mahir. Menurut saya adalah dengan beberapa cara yaitu 


 melihat suatu acara talkshow yang di situ mendatangkan para pembicara-pembicara yang memang sudah mahir dalam bidangnya. Bisa di lihat bagaimana cara mereka berbicara dan bagaimana cara mereka menyampaikan materi sekaligus ekspresinya dan gerakan dari tubuhnya.

Mendengarkan sebuah audio ataupun mp3 yang isinya tentang pidato ataupun jumpa tokoh. Bisa di dengarkan dan difahami kalimat-kalimat yang di sampaikan oleh para pembicara yang telah di rekam dan diputar di mp3. dari situ bisa di dengarkan kalimat-kalimat yang di sampaikan dan bisa di jadikan sebagai contoh untuk latihan. untuk medapatkan pidato-pidato yang bagus bisa langsung klik DI SINI

Karena memang berbicara di depan umum memanglah sulit maka diawali dengan melihat, mendengarkan dan mencontoh dari para pembicara yang memang sudah terbiasa berbicara di depan umu dan sudah ahli pada bidangnya. Lakukan terus menerus latihan pada tahap awal ini untuk mendapatkan contoh kalimat-kalimat dan kata-kat yang tepat dari para pembicara ini sebelum anda mulai berbicara di depan umum.

#2 LATIHAN BERBICARA

Setelah anda mendapatkan inspirasi dari para pembicara yang sudah di dengarkan seperti panduan pada tahap #1 tadi marilah kita coba mempraktekan apa yang sudah di pelajari dan di dengar tadi. kita wali dari diri sendiri, karena sebuah perubaha harus diawali dari diri sendiri. Anda bisa memulaidengan cara latihan berbicara di tempat-tempat yang tidak terlihat oleh orang lain seperti di kamar tidur, kamar mandi, dan ruangan lainya yang memang itu jarang di datangi oleh orang lain dan tentunya aman. Dimulai dari berbicara di depan cermin, mengapa harus di depan cermin? Karena jika anda berlatih di depan cermin terlebih dahulu maka anda bisa melihat seperti apa ekspresi dan gaya bicara anda. Terlebih anda bisa mengoreksi kalimat dan ekspresi juag gerakan yang kurang sesuai dan anda bisa memperbaikinya. Lakukan latihan ini terus menerus sampai anda mendapatkan kalimat dan gaya bicar anda sendiri .

#3 LATIHAN BERBICARA (tahap 2)

Di tahapan ini kita mulai berbicara dengan cara yang lebih sulit dari tahap sebelumnya, yaitu dengan cara berbicara secara langsung akan tetapi menggunakan cara yang berbeda.

Menggunakan benda-benda mati sebagai metode pembelajaran atau pendengar, di tata seperti para pendengar pada umumnya dan cobalah untuk menganggap itu seorang penonton atu pendengar.

Dengan cara bicara secara langsung di depan binatang sebagai pendengarnya, cara ini memang terdengar gila, namun sangatlah ampuh untuk melatih mental kita. Karena jika kita berbicara di depan mahluk hidup maka akan memberikan suatu mitivasi tersendiri.

#4 LATIHAN BERBICARA DI DEPAN ORANG TERDEKAT

Selanjutnya kita coba berbicara di depan pendengar dan penonton yang sesungguhnya. Bila dibandingkan dengan latihan tahap sebelumnya yang menggunakan benda-benda mati dan dan binatang sebagai media pembelajaran, di tahap ini kita akan belajar berbicara secara langsung dengan pendengar yang sesungguhnya yang lebih pribadi. Bisa dengan sahabat atau teman terdekat dan keluarga. Dengan berbicara dengan pendengar yang sesungguhnya maka akan mendapatkan koreksi dari para pendengar. Dari situlah kita bisa mengevaluasi hasil dari latihan berbicara yang telah kita lakukan, karena memang masing-masing orang memiliki pendapat yang berbeda. Sebelum langsung terjun dan berbicara di depan umum, hendaknya belajar untuk menanggapi pendapat dari orang lain, bagaimana menyikapinya dan bagaimana cara untuk memmberikan sebuah jawaban.

#5 PERSIAPAN BERBICARA

Setelah mempelajari tahapan demi tahapan yang sudah di ulas tadi maka anda perlu mencoba mempraktekan berbicara langsung di depan umum. Selain itu juga perlu di perhatikan dan di persiapkan untuk berbicara di depan umum, seperti materi yang akan di sampaikan, apa saja yang boleh di sampaikan dan memperhatikan juga dari batasan batasanya. Dan tidak kalah pentingnya adalah waktu yang di berikan kepada kita untuk menyampaikan sebuah materi itupun perlu untuk di diskusikan dengan pihak terkait ( panitia ).

#6 PASTIKAN PAKAIANMU RAPI

Untutk berbicara di depan umum dan khususnya adalah pidato hal yang perlu di perhatikan adalah cara berpakaian. Jika kita berpakaian dengan rapi maka kepercayaan akan diri kita akan meningkat, karena penampilan menjadi penilaian awal untuk kita dari para pendengar.

#7 TETAPLAH TENANG

Janganlah panik pada saat mau mengwali sebuah pembicaraan. Karena jika anda panik maka semua kalimat dan kata-kata yang akan anda sampaikan bisa menjadi tercampur dan terdengar tidak jelas. Untuk mengatasi hal ini, saran dari kami adalah tarik nafas sedalam mungkin dan lepaskan secara perlahan, lakukan cara ini terus menerus sampai menghilangkan kepanikan.

#8 PERSIAPKAN MATERI

Hal yang tidak kalah pentingnya adalah apa materi yang akan di sampaikan harus benar-benar di mengerti. Untuk itu anda harus mempelajari materi yang akan di sampaikan dan materi yang akan disampaikan tidaklah harus benar-benar dihafalkan. Materi yang akan di sampaikan cukup di fahami dan tidak harusdi hafalkan secara rinci. Karena jika dihafalkan maka and akan kesulitan untuk memberi penjabaran lain dan terlebih jika ada beberapa kalimat yang lupa akan merusak pembicaraan anda.

#9 BICARALAH YANG LANTANG DAN JELAS

Apabila kita menyampaikan sesuatu hendanya kita sampaikan dengan jelas dan lantang. Karena itu memberikan kepercayaan diri yang lebih maksimal terhadap diri kita. Sengaja di kasih gamabar Presiden Indonesia Ke 7 agar anda lebih termotivasi dan terinspirasi

Manfat lain adalah para pendengar akan terpana dan menjadi kagum kepada kita dan memperhatikan sungguh-sungguh materi yang kita sampaikan dengan tenang dan hikmat. jika ingin menvari cara untuk bicara tegas dan lantang bisa langsung buka DI SINI


Demikian cara untuk melatih mental berbicara di depan umum. Cara ini sudah benar-benar terbukti dan hasilnya sangatlah bagus dan memiliki dampak yang sangat terlihat untuk yang mempraktekan latihan ini, saya sendiri juga sudah mempraktekan dari latihan-latihan ini dan memberikan hasil yang sangat bagus. Sebelumnya saya adalah seseorang pemalu dan kesulitan untuk berbicara di depan umum, tetapi setelah mempraktekan beberapa latihan yang sudah dijelaskan di atas sekarang saya sudah mulai tidak kesulitan lagi dan mulai enjoy dalam berbicara dan menyampaikan suatu pendapat. Selain itu kamu juga tidak akan bingung Bagaimana Cara menyampaikan aspirasi kepada masyarakat.

5 komentar:

Inggil Hidayat said...

sebuah artikel yang sangat berguna, tengkiu gan..

S.A.Y production said...

Iya gan mkasih. Jangan bosen baca baca artikel karena di sini banyak yang bermanfaat untuk semua orang

download lagu said...

nice info. kunbal gan Download lagu di www.awlagu.com

S.A.Y production said...

Siap gan

Yah Ya said...

Ok gan terimakasih informasinya